Follow us on Facebook

Selasa, 14 Maret 2017

Contoh Perhitungan perkerasaan jalan raya

Perencanaan tebal lapisan perkerasaan jalan raya 

Untuk merencanaan tebal perkerasan jalan diperlukan data-data sebagai berikut :

1) Panjang jalan 2.5 km        : 2500m
2) Peran jalan         : Jalan kolektor
        Jalan kolektor                 : Jalan yang melayani dan menghubungkan kota-kota antar pusat kegiatan                                                      wilayah dan pusat kegiatan lokaal dan atau kawasan-kawasan berskala                                                         kecil
3) Tipe jalan                : 2 Lajur 2 arah tanpa median
4) Usia Rencana        : 10 Tahun
5) Waktu pelaksanaan        : 3 Tahun, dimulai pada tahun 2016
6) Kelandaian jalan 3%
7) Curah hujan rata-rata per tahun : 650 mm/tahun
8) Jenis lapisan yang dipergunakan :
a. Lapisan permukaan         : laston
b. Pondasi atas         : batu pecah kelas A
c. Pondasi bawah          : sirtu kelas B



TABEL DATA CBR
0 m         7 %                                                          1500 m         5 %
250 m 4 %                                                          1750 m     5 %
500 m 6 %                                                          2000 m         9 %
750 m 10 %                                                  2250 m         7 %
1000 m 6 %                                                          2500 m         4 %
1250 m 3 %

Dimana sample diambil di setiap 250 m..
Tabel data LHR pada tahun 2016

No Jenis kendaraan                             Jumlah lalu lintas (Bulan/hari/2 Jalur)
1 Mobil penumpang                                                18000
2 Bus                                                                        1000
3 Truk 2 As                                                                5570
4 Truk 3 As                                                                 4785
5 Truk 2 As + Gandengan                                         4059
6 Truk 3 As + Gandengan                                         3589
7 Trailer                                                                 1273

II . Perencanaan tebal lapisan perkerasan jalan baru




Keterangan :
  1. LHR : Lalu Lintas harian rata – rata 
  2. N : Rentang waktu
  3. : Perkembangan Lalu Lintas
  4. LEP : Lintas Ekivalen Permulaan
  5. LEA : Lintas Ekivalen Akhir


Nilai LHRp
LHRp = LHR Data . 〖( 1 + ί1 )〗^N1

Mobil penumpang : 18000 ( 1 + 0,05 )3 = 20837              kendaraan/bulan/2Jalur
Bus                         : 6000 ( 1 + 0,05 )3 = 6945              kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 2 As                 : 5570 ( 1 + 0,05 )3 = 6448              kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 3 As                 : 4785 ( 1 + 0,05 )3 = 5539              kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 2 As + Gandengan : 3507 ( 1 + 0,05 )3 = 4059              kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 3 As + Gandengan : 3100 ( 1 + 0,05 )3 = 3589              kendaraan/bulan/2Jalur
Trailer                 : 1100 ( 1 + 0,05 )3 = 1273              kendaraan/bulan/2Jalur

Nilai LHRA
LHRA = LHR Data . 〖( 1 + ί2 )〗^N2

Mobil penumpang : 20837 ( 1 + 0,1 )10=54046             kendaraan/bulan/2Jalur
Bus                          : 6945 ( 1 + 0,1 )10= 18014             kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 2 As                 : 6448 ( 1 + 0,1 )10= 16724             kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 3 As                 : 5539 ( 1 + 0,1 )10= 14367             kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 2 As + Gandengan : 4059 ( 1 + 0,1 )10= 10528             kendaraan/bulan/2Jalur
Truk 3 As + Gandengan : 3589 ( 1 + 0,1 )10= 9309               kendaraan/bulan/2Jalur
Trailer                 : 1273( 1 + 0,1 )10=3302            kendaraan/bulan/2Jalur

Tabel Kendaraan diperoleh dari buku perencanaan tebal perkerasan lentur, “Silvia Sukirman”, Hal 89 .


RUMUS :
E Sumbu Tunggal :[(beban sumbu tunggal)/8160]^4
E Sumbu Ganda :[(beban sumbu ganda)/8160]^4






CBR max        = 10
CBR min        = 3

Untuknilai R tergantung dari jumlah data yang terdapat dalam 1 segmen besarnya nilai R seperti yang di perlihatkan pada table di bawah ini :

CBR segmen = CBR rata-rata - ((CBR max-CBR min)/3,18)
CBR segmen = 6 ¬- ((10-3)/3,18)
        = 3,8
  • Menentukan Tebal Lapisan Perkerasan
  •  Menentukan nilai DDT (DayaDukung Tanah)
dari hasil pemeriksaan data CBR, kita dapat menentukan nilai DDT dengan cara berikut :

DDT = 4,3 . log (cbr segmen) + 1,7
DDT = 4,3 . log 3,8 + 1,7
        = 4,3.0,579 + 1,7
DDT = 4,1897

Adapun dengan carag rafis bias menggunakan nomogram pada gambar 

Menentukan factor regional
Direncanakan jalan Arteri dengan kelandaian 3 % dan curah hujan 650 mm/tahun.
Presentasekendaraanberat = (jumlah kendaraan berat)/(jumlah semua kendaraan) x 100 %
Presentase kendaraan berat=(6000+5570+4785+3507+3100+1100)/(18000+6000+5570+4785+3507+3100+1100) x 100%

          = 24062/42062 x 100%

               = 57,206 %

Faktor regional berdasarkan data diatas :
  1. Kelandaian 3 %
  2. Curah hujan 650 mm/tahun
  3. % kendaraan berat = 57,206 %

Nilai FR dapat kita lihat pada tabel di bawah ini :


Maka diperoleh FR = 1,0 – 1,5 dari tabel 
FR diambil 1,0
Klasifikasi jalan kolektor
Diketahui LER = 114544,1
Sehingga dari data di atas diperoleh ipt = 2,5

Indeks permukaan

  • Indeks permukaan awal (IPo)
          direncanakan dari lapisan Laston dengan roughness ≤ 1000 mm/km
          Sehingga dari tabel 2.4 diperoleh IPo≥ 4

  • Indeks permukaan akhir (IPt)
          Diketahui LER = 114544,1
          Peran jalan = Jalan Arteri
          Sehingga dari data diatas diperoleh IPt = 2,5 (Tabel 2.5)

  • Dengan nilai IPo≥4
                            IPt = 2,5
  Maka digunakan nomogram I 


Dari data LER = 114544,1/bulan : 30 = 3818,14/hari
              DDT = 4,1897 
                 FR = 1,0

Maka dari nomogram 1 diperoleh (ITP) ̅ = 7,45
Sehingga direncanakan susunan lapisan :
Sesuai tabel (2.6) koefisien kekuatan relatif (α)
  • Lapisan permukaan : LASTON (α1) = 0,40
  • Lapisan pondasi atas : Batu pecah kelas A, CBR 100% (α2) = 0,14
  • Lapisan pondasi bawah : Sirtu kelas A (α3) = 0,13

Dari tabel (2.7),dan (2.8) diperoleh
  • D1 minimum (lapisanpermukaan) = 7,5 cm
  • D2 minimum (lapisanfondasiatas) = 20 cm

Dicari D3 (Lapisan pondasi bawah)
(ITP) ̅ = α1D1 + α2D2 + α3D3
7,45= (0,40 . 7,5) + (0,14 . 20) + (0,13 . D3)
7,45= 5,8 + 0,13 D3
D3   = (7,45-5,8)/0,13
D3   = 12,69213 cm
  • Sehingga D3 minimum adalah 13 cm



0 komentar:

Posting Komentar